Social Icons

Pages

Senin, 21 September 2015

Angkot dan Penumpangnya yang Mendadak Baper


"Gitaa, kalo mau ke CP naek angkot apaan yaa?" 


Halo semesta. Boleh deh kenalan dulu sama saya. Saya Gita,  and I proclaim myself as the Queen of Angkot alias Ratunya angkot. Hah, kok bisa? Sederhana sebenarnya, karena saya tidak bisa mengendarai apa-apa (sepeda takut nabrak, motor gak berani, mobil belum coba, rajawali belum sampe ilmunya, bisa ngendarain otopet siih, tapi kan pegel yak) jadilah saya sebagai anak masa kini kalau keliling kota menggunakan transportasi umum. Ada BRT kalau mau jarak tempuh jauh lumayan nolong, nyaman ber-ac, tapi gak semua tujuan bisa ditempuh pake BRT. Ada ojek, tapi kudu pinter nego & nawar-nawar. Ada becak tapi buat jarak tempuh deket. Kalau taksi jarang berseliweran di kota ini, jadilah paling gampang kalau naik angkot yang paling banyak bertebaran di kota saya.

Bicara soal angkot, kalo ditimbang-timbang saya tuh punya love-hate relationship deh ya sama angkot yang ada di kota saya ini. Bisa dibilang hampir tiap jurusan udah saya naikin. Dalam sehari saya bisa naik angkot sampai 4 kali (kebayang ongkosnya berapaa kalo sekali naik bisa bayar 3000-jarak dekat & 4000-jarak jauh. kadang sering juga diminta 5000 karena jarak tempuh saya yang abnormal sih emang, agak melebar dikit :D). Kadang sebel sama tarif angkot yang berubah-ubah, juga kadang suka maunya abang angkot, tapi yang karena emang sehari-harinya naik angkot jadi banyak-banyak berdoa aja biar dapet angkot yang bersahabat. Suka nemu juga sih abang angkot yang kooperatif, yang bawanya enak-- gak lambat, tapi gak kebut-kebutan.

Ohya,  teman-teman saya juga kerap bertanya rute angkot ke saya, atau tarif angkot berapa buat mereka yang gak biasa naik angkot.

"Gita, kalo ke CP dari way halim gimana?"


"Mau yang ngirit, apa yang nyaman tapi banyak bayar ongkos?"


"Yang irit aja."


"Kamu naik way halim-karang  turun di Ambon. Nyebrang jalan, terus naik angkot ratulangi. Nanti turun di garuda, jalan dikit deh ke CP."


"Kalo yang nyaman gak pake acara nyebrang."


"Naik angkot way-halim karang terus turun di halte Fif. Terus naik brt, transit dulu buat ke CP.  Atau turun di halte Ramayana, naik nagkot kecil-kecil. Trun di depan Gramed, nyambung lagi yang arah karang buat ke CP. Gituu."

Begitulah kadang isi sms saya. Jadi konsultan rute angkot :D

Bisa diibaratkan angkot di Bandar Lampung itu seperti pelangi–mewarnai kota. Kalau di Jakarta atau Depok angkotnya pake kode nomor untuk membedakan jurusan, kalau di Bandar Lampung jurusan angkot dibedakan dari warnanya :D. Angkot pun mudah didapat dan gak bingungin, karena jalur berangkat dan pulang itu sama (ada jurusan tertentu aja yang punya satu rute, sepeeti angkutan ratulangi yang bisa bawa penumpung ke CP (salah satu Mall di bandar Lampung).  Berikut warna angkot sesuai jurusannya:
-          Rajabasa – tanjung karang  : biru muda
-          Way kandis – tanjung karang : kuning muda
-          Teluk betung – tanjung karang : ungu
-          Sukarame – tanjung karang : abu-abu
-          Permata biru – karang : abu-abu dengan list biru
-          Permata hijau – karang : abu-abu dengan list hijau
-          Pahoman/ garuntang – karang : hijau
-          Garuntang – Panjang : kuning gonjreng
-          Ratulangi : Merah hati (dengan stiker R di depannya biar gak ketuker sama kemiling)
-          Kemiling : Merah hati (tanpa stiker R)

Selain warnanya yang bak pelangi, angkotpun mewarnai hari-hari saya. Seriiing banget kesabaran diuji saat naik angkot. Dari angkot yang lelet, suka ngetem, atau jalannya yang maju mundur cantik nungguin petumpang yang masih jalan di ujung gang sana, rasanya pengin turun aja ganti angkot kalau pas buru-buru banget, tapi suka mikir sayang ongkos :D. Dan sering kalau lagi buru-buru malah dapet angkot yang ada-ada aja. Pokoknya jadi angkoters kudu sabaaaar. Naik angkot juga bikin saya lebih dekat dengan Sang Pencipta. Well, sebenarnya agak ngeri siih karena pernah saya ketemu angkot yang ampun-ampunan, supir angkotnya bawanya ugal-ugalan banget. Udah gitu saya minta turun gak diturunin doong :/. Yah jadilah saya sepanjang jalan merapal doa. Kadang kalau di angkot gak nyaman, tapi bentar lagi mau turun udah deh dibawa dzikiran aja. Juga kalau angkotnya anteng aman jaya, kadang daripada melongo sepanjang jalan (nanti baper kan, hey...) mendingan diisi dengan menentramkan ruhiyah :).

Yang menarik lagi dari angkot di sini adalah hampir tiap angkot dilengkapi dengan sound system segambreng. Kalau udah ada sound system nya jelas bakal pasang musik. Musik yang diputar pun beragam dan suka-suka abang angkotnya. Jadi banyak-banyak doa aja kalau naik angkot dapet lagu yang enak :D. Nah, karena hampir di tiap angkot dapat suguhan musik, tahu kan kalau dengar lagu bikin orang kebawa perasaan. Ada kejadian nyata yang dialamai ibu saya. Jadi cerita saat bapak saya baru berpulang (tahun 2000-an), dan ibu saya kembali ke rutinitas kerjanya dengan naik angkot, suatu ketika angkotnya memutar lagu Jika- Melly Goeslaw feat Ari Lasso. Dooong, apa yang terjadi? Tau-tau ibu saya di angkot menahan tangis, karena dia ngerasa kenaaa banget sama lagu itu (pas banget baru ditinggalin bapak). Saya juga pernah menemukan mamas-mamas, lumayan manis duduk di belakang sopir dengan backsong Ari Lasso-Hampa. Dan tau apa yang terjadi? Saya perhatikan mata mamas itu berkaca-kaca. Duuh mas, kayaknya dianya punya pengalaman sama lagu ini. Udahlah positif kalau lagunya galau-galau bikin baper :D. Well, ngomongin orang, sendirinya emang gak pernah baper di angkot? Hehehe :D ya jelaas pernah banget. Kadang di angkot tuh jadi tempat mikir dan merenung, pernah juga ketiduran sampe ditegur abang angkotnya, “abis ngapain neng ampe molor gitu? Mau turun di mana?”, pernah kehilangan hape di angkot, pernah dipepet copet dan dipelototin copet karena menggagalkan usaha nyopetnya (udahnya saya lemes), kalau yang baper banget... pernah merenung ampe mau nangis di angkot : lupa waktu itu backsong-nya apa, tapi saya baper sampe nangisnya bukan karena lagu, tapi karena kecapekan kerja dan pulang malem *hehehhehe*yakiin gitu aja*hehhehhehheehe laugh to myself :D*.

foto dari ruang kelas lantai 2

angkot rajabasa yang masuk jl. pramuka

suasana angkot di terminal ramayana

sound system di angkot. tiap angkot hampir pasti ada salonnya



nyobain selfie di angkot :D

 21 September 2015
19:48




0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text