Social Icons

Pages

Minggu, 21 April 2013

Jadi Anak Tunggal Itu .......

"Hei, kamu anak nomer berapa?" | "Nomer satu, nomer dua, nomer tiga.." dan lain sebagainya... | "Berapa bersaudara?" | "Dua, tiga, empat.. atau "aku anak tunggal."| *Naah, tiap kali denger kata anak tunggal, sering saya berkomentar: " Waah enak dong jadi anak satu-satunya." | "Ah, gak juga. Biasa aja. Malah sepii jadinya." | "Yah kan ada temen-temen, sepupu-sepupu kalo kesepian tinggal aja ngumpul (saya teteup kekeh bilang kalo jadi anak tunggal itu enak) | "Yaa tetep aja rasanya bedaa..sepii (begitu kata si anak tunggal)"|

Seringkali dalam suatu percakapan, kita melibatkan pertanyaan , "Kamu anak keberapa sih?" Entah, kenapa kok pertanyaan itu seringkali terucap (biar lebih tau latar belakang keluarganya, iseng gak ada bahan pembicaraan, iseng nanya siapa tau yang ditanya punya sodara yang okeeh *hiyaaa*) yah terlepas dari beragam modusnya, tiap kali pertanyaan itu saya lontarkan dan saya mendapatkan jawaban :" Saya anak tunggal."  saya pun refleks berkomentar : "Waah..enak yaa jadi anak tunggal." Gak tau juga kenapa bisa berasumsi seperti itu, mungkin karena saya bukan anak tunggal dan melihat sepertinya anak tunggal bakal jadi satu-satunya pusat perhatian dari orangtuanya, makanya saya bilang enak. Padahal karena saya bukan anak tunggal, gak seharusnya saya menilai kalo jadi anak tunggal itu enak. Dan sampailah saya turut merasakan "jadi anak tunggal."

Saya anak ke-tiga dari empat bersaudara. Punya dua kakak laki-laki (yang udah pada nikah *udah pada nikah looh* ya teruuus?) dan satu adik perempuan. Rumah selalu ramai oleh tingkah polah kita (empat bersaudara.red) , belum lagi memang dahulu kala di rumah  sangat ramai sekali : masih ada mbah kakung (kita memanggilnya "Bapak"), mbah uti (kita memanggilnya "Ibok"), Papi, Mami, Om, dan Tante. Di masa kecil saya, seperti anak-anak lainnya, saya suka bermain , dan karena sudah punya banyak saudara, biasanya mainnya ya internal saja : empat bersaudara , atau sama sepupu-sepupu. Namanya anak kecil, pasti doong sering berantem en berebutan barang apalah ituu. Dan sering sekali itu terjadi di masa kanak-kanak. Duluu saya sering banget BT sama kakak-kakak saya yang menurut saya selalu mau menang sendiri dan usil (yaah namanya juga anak cowok, mesti adaaa aja tingkah polahnya), dan mungkin hal-hal seperti inilah yang membuat saya berpikiran ,"enak jadi anak tunggal."

Pun, sikap saya ke adik saya terkadang juga gak akur. Gak tau kenapa saya ke dia tuh bawaannya suka greget dan cepet marah kalo sama dia *heheh..sorry ya dek* Dan dia juga terkadang gitu : "apa sih mbak, lu tuh galak banget sama gue.." | "ya abis lo itu bla-bla-blaa ....."  atau kadang kita tuh suka saling kesel en kalo udah gitu cuma bilang : "Mbak, gue boleh gak nonjok elo, sekali aja" | "Dek, boleh gak gue gebuk elo .| *yaa tapi cuma ngomong doaang loh yaa, paling yaa nampol bott*m dikit, pan gak sakit banget sik* :D

Pernah, saya sebeel banget sama kakak saya (lupa gara-gara apa) yang sampe bikin si Mami bertanya-tanya dan beneran serius nanya , "Kamu kenapa, sama kakaknya kok gitu?" | dan saya pun menjelaskan dengan muka pasti masih cemberuut berat *well, saya ini mantan pencemberut looh..susah banget buat senyum. itu sih pas masih bocah, sekarang udah enggak kaan..*wink* Trus Mami bilang : "sesebel apapun kamu sama kakak kamu, tetep dia itu sodara kamu. Gak akan bisa terputus hubungan. Kakak kamu tuh cuma iseng aja sama kamu, usil. Kalo lagi usil gitu, udah diem aja. Atau ngedeket ke Mami kek, atau ke Papi. Nanti kalo kamu diem, kan dia berenti sendiri. Dan nanti, pas gede nanti, kamu pasti bakal inget saat ini dan kangen sama masa-masa ini..." Dan saat itu dalem hati saya masih bergejolak : "iih, apaan... masa iya bakal kangen diusilin. Males bangeet deh..."
 
Yah begitulah, namanya hubungan persaudaraan yaa pasti buanyaak bumbunya. Ada asem, asin, pahit, manis, tapi semuanya tuh penting biar kita tau rasanya dan memaknai tiap macam rasa.

Sampai pada akhirnya sekarang, kakak-kakak saya sudah menikah dan keluar dari rumah dan adik saya kuliah di tanah Jawa. Di awal, ada perasaan senang : "Finallyyy, di rumah berasa jadi anak tunggal. Bisa nikmatin fasilitas di rumah tanpa perlu antre gantiaan (kalo mau nonton TV gak berebutan remote, kalo mau internetan bisa kapan aja, kalo mau nge-game bisa sesuka hati *gak terlalu suka game siih*) yah pokoknya berbagai euforia perasaan senang berkecamuk, sampai akhirnya....... voila, apa yang dikatakan ibu saya benar adanya : "Dan nanti, pas gede nanti, kamu pasti bakal inget saat ini dan kangen sama masa-masa ini..."
Oh yess, saya kangeen suasana rumah yang dulu rame. Kangen juga sama "kita", empat bersaudara. Saat ini justru saya malah kangen gojekan (becandaan), kangen diusiliin (yang ya ampuun, dulu saya sebel ampun kalo diusilin), digoda-godain (saya sering digoda-godain dan dikasih panggilan yang aneh-aneh), betapa saya kangeen itu semua.Betapa rasa sebel,kuesel,  BT itu jadi bumbu yang menambah rasa, dan menguatkan rasa menjadi "manis" *yang disertai pemahaman bahwa saudara tetaplah saudara. sayangilah ia se-menyebalkannya dia ... :)*

I love you dear brother sister.. yah walaupun terkadang kita gak akur, tapi kita pasti saling sayang.... :) Dan saya, gak mau lagi jadi anak tuggal en mikir jadi anak tunggal itu enak! :)

Note : sekiranya sodara-sodara saya baca postingan ini gimana yaaa?? ;D Oh ya saya juga ada foto-foto selagi kecil. boleh disimak...

lagi akur.... 

versi saya jadi anak bungsu, belum ada adek Anggi...

                                         liat nih saya jadi korban usil! entah tuh kuping diapain



21 April 2013
09:51 p.m.


1 komentar:

 

Sample text

Sample Text